Tips Manage Pengeluaran Saat Lebaran (untuk karyawan tanpa credit card)

Menyambut datangnya lebaran (Iedul Fitri), tentu banyak sekali yang harus dipersiapkan. Hal ini tentu saja membutuhkan dana extra di luar pengeluaran rutin bulanan Anda. Bagaimana tahun lalu Anda manage pengeluaran saat lebaran? Apakah perhitungan pengeluaran Anda tepat, atau Anda harus bertahan hidup pas-pasan menunggu gajian pertama setelah lebaran?





Pada tulisan ini, saya coba berikan sedikit tips khususnya untuk Anda karyawan yang saat ini tidak memiliki credit cardUntuk Anda pemegang credit card, simak juga tips manage keuangan saat lebaran pada posting sebelumnya.

Tahun 2010 ini lebaran akan jatuh kurang lebih pada tanggal 10 September. Perputaran uang akan sangat tinggi kurang lebih mulai tanggal 28 Agustus sampai tanggal 8 September, menyesuaikan tanggal gajian pada umumnya. Anda akan melihat pusat-pusat perbelanjaan dipadati pengunjung dan ATM dengan antrian yang sangat panjang. Apa yang akan terjadi setelah tanggal 10 September? Apakah pusat-pusat perbelanjaan masih akan seramai sebelumnya?

Jangan terjebak untuk membelanjakan uang Anda sebanyak-banyaknya menjelang lebaran, karena setelah tanggal 10 September Anda masih harus menunggu kurang lebih setengah bulan untuk gajian berikutnya. Mungkin pusat-pusat perbelanjaan akan menawarkan berbagai promo dan discount menarik, tapi jangan sampai Anda terjebak. Prioritaskan barang-barang yang akan Anda butuhkan untuk lebaran. Jika dirasa kurang perlu, jangan beli barang di luar perencanaan Anda. Cobalah disiplin untuk manage pengeluaran Anda. Sebelum keluar rumah, tetapkan barang apa saja yang akan Anda beli dan berapa budget yang disiapkan. 

Yang lebih penting dalam kaitannya untuk manage pengeluaran saat lebaran adalah menyisihkan budget kebutuhan hidup pasca lebaran. Siapkan budget kebutuhan hidup Anda dan keluarga pasca lebaran hingga tanggal gajian berikutnya. Jika Anda memiliki beberapa rekening bank yang berbeda, ada baiknya Anda sisihkan terpisah dengan budget lainnya. Jika Anda hanya memiliki satu rekening bank, salah satu tips agar dana tidak terpakai sebelum waktunya adalah dengan menyimpannya dalam bentuk tunai/cash, pastikan tempat penyimpanannya aman. Simpan di rumah, jangan dibawa ketika Anda bepergian. Dengan demikian Anda tidak akan tergoda menggunakan dana tersebut untuk keperluan yang lain. 

Selain budget pasca lebaran, jangan lupa Anda siapkan dana emergency. Usahakan dana ini tidak digunakan untuk keperluan belanja lebaran. Jika Anda menyisihkan dalam bentuk saldo di rekening bank, tetapkan sebagai saldo minimal yang harus tersisa di rekening Anda di luar uang belanja. Untuk lebih amannya, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk tunai/cash. Sisihkan di tempat terpisah di dompet Anda, atau bahkan terpisah dari dompet Anda. Karena sifatnya emergency, usahakan Anda bawa kemanapun Anda pergi.

Jika Anda berencana untuk mudik atau merayakan lebaran di luar daerah, tambahkan pos anggaran khusus untuk mudik. Yang harus dipersiapkan antara lain : biaya transport & akomodasi, dana untuk belanja di daerah, dan jika ada perlu juga ditambahkan dana emergency khusus untuk mudik. 

Dari beberapa pembagian pos anggaran untuk manage pengeluaran Anda saat lebaran, dapat dikelompokkan berdasarkan waktu penggunaannya sebagai berikut :
  1. Budget kebutuhan reguler bulanan, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebelum lebaran.
  2. Budget belanja kebutuhan lebaran, digunakan untuk belanja kebutuhan khusus menjelang lebaran.
  3. Budget mudik, digunakan untuk biaya persiapan akomodasi, tranportasi, dan belanja di daerah saat lebaran.
  4. Budget pasca lebaran, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari pasca lebaran hingga tanggal gajian berikutnya.
  5. Budget emergency, hanya digunakan jika benar-benar dibutuhkan.

Jika Anda benar-benar disiplin untuk manage keuangan saat lebaran, tidak akan terasa berat menjalani hari-hari pasca lebaran. Jika dirasa pendapatan Anda untuk belanja kebutuhan lebaran masih kurang, bisa coba manfaat produk Kredit Tanpa Agunan dengan bunga ringan, disesuaikan dengan kemampuan Anda meminjam pada bulan berikutnya.

Untuk Anda pemegang credit card, simak tips manage keuangan saat lebaran pada posting sebelumnya.


|

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tips Manage Pengeluaran Saat Lebaran (untuk karyawan tanpa credit card)"