Tips Manage Pengeluaran Saat Lebaran (untuk pengguna credit card)

Tidak terasa bulan Ramadhan kembali datang, lebaran (Iedul Fitri) pun akan segera tiba. Kesibukan di pusat-pusat tempat perbelanjaan mulai terlihat. Satu kondisi tahunan yang selalu terjadi, ketika setiap individu menjadi sangat konsumtif, perputaran uang meningkat, dan anggaran pengeluaran bulanan melonjak drastis. Sudahkah Anda mempersiapkannya? Bagaimana tips untuk manage pengeluaran Anda saat lebaran?

Berapa pengeluaran extra Anda untuk lebaran tahun ini? Mungkin bisa 2x atau 3x pengeluaran bulanan Anda. Apa yang terjadi pada kondisi keuangan Anda pasca-lebaran tahun lalu? Apakah defisit? Apakah Anda harus sangat berhemat sambil menghitung mundur tanggal gajian pasca-lebaran? Jangan sampai terjadi pada Anda tahun ini!

Bagi Anda yang memiliki credit card mungkin akan merasa sedikit lebih tenang untuk urusan manage keuangan saat lebaran. Jangan salah...!!! Justru credit card ini akan menjadi bumerang jika Anda kurang bijak manage pengeluaran. Karena mengandalkan credit card, Anda bisa saja menjadi over dalam memenuhi kebutuhan lebaran karena tidak merasakan saldo keuangan yang terbatas. Dan akhirnya pada billing statement yang dikirim pasca-lebaran, Anda akan terbelalak karena tagihan yang melonjak drastis. Apakah ini pernah terjadi pada Anda???

Berapa limit credit card yang diberikan untuk Anda? Mungkin 1.5x salary per bulan Anda? Atau 2x salary per bulan Anda? Anda hanya akan diwajibkan membayar minimal 10% dari tagihan. Jangan terjebak!!! Ini bukan semata-mata sebuah kemudahan untuk Anda. Secara tidak sadar, Anda akan "dipaksa" secara halus untuk berhutang sebesar 90% dari tagihan Anda dengan bunga pada umumnya antara 3% sampai 4%. Besar bukan???

Mari sejenak renungkan. Credit card merupakan fasilitas yang mengedepankan fleksibilitas  dan keamanan pembayaran, bukan untuk fasilitas pinjaman. Untuk pinjaman, biasanya bank mengeluarkan satu produk khusus dengan bunga yang relatif lebih rendah dari bunga credit card. Salah satunya adalah produk Kredit Tanpa Agunan (Personal Loan).

Jadi, bagaimana Anda akan mengatur pengeluaran saat lebaran? Apakah Anda masih akan mengandalkan credit card dengan resiko tagihan membengkak pasca-lebaran?

Bukan berarti Anda diharamkan menggunakan credit card, tetapi hanya sekedar mengingatkan agar lebih bijak manage pengeluaran saat lebaran. Sesuaikan penggunaan credit card dengan pendapatan bulanan Anda. Semakin teratur pembelanjaan Anda dengan credit card, maka akan semakin besar persentase tagihan yang dapat Anda bayar, sehingga akan semakin sedikit kemungkinan Anda akan berhutang dengan bunga 3% sampai 4%. Jika diperlukan, manfaatkan produk Kredit Tanpa Agunan dengan bunga lebih ringan dari credit card untuk memenuhi kebutuhan lebaran Anda.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki credit card? Silahkan Anda simak pada posting berikutnya....



|

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tips Manage Pengeluaran Saat Lebaran (untuk pengguna credit card)"